Membeli Kartu Internet Docomo Jepang di Surabaya



Tidak bisa ditawar lagi, internet memang merupakan hal yang sangat penting bagi anda yang akan berkunjung ke Jepang. Bukan untuk bersosial media dan eksis *ya itu juga sih*, melainkan untuk mengecek jadwal serta jenis transportasi (bis, shinkansen, subway, dan moda transportasi lainnya) antara satu tempat ke tempat lainnya dan juga menunjukkan anda harus berjalan kemana apabila ingin ke suatu tempat melalui Google Maps *ini yang paling penting*. Saya yakin apabila anda berpergian sendiri mengarungi Jepang tanpa adanya guide kemungkinan anda akan tersasar 100% *yang pake Google Maps aja masih nyasar*. Ya meski bisa anda menanyakan pada setiap warga lokal tentang rute menuju destinasi wisata anda, namun saya rasa itu terhitung kurang efektif dan bisa membuang waktu bagi yang memang jadwal jalan-jalannya dibuat sangat padat seperti saya.

Untuk fasilitas Free WiFi sendiri di Jepang terhitung jarang, tidak seperti di Indonesia yang bahkan di taman publikpun anda dapat menemukannya dengan mudah. Kebanyakan diantaranya hanya di stasiun-stasiun subway seperti di Tokyo ataupun di penginapan-penginapan. Disini saya akan membagikan pengalaman saya tentang bagaimana berinternet murah di Jepang dan bagaimana mendapatkannya, khususnya dari Surabaya. Terdapat  dua pilihan bagi anda untuk dapat berinternet di Jepang, yang pertama ialah menyewa Portable/Pocket WiFi, dan yang kedua ialah membeli kartu internet prepaid. Keduanya memiliki plus minus masing-masing, bergantung pada kebutuhan anda.

Untuk Portable WiFi, keuntungannya anda tidak perlu takut kehabisan baterai karena baterai modem saya rasa cukup kuat dan bahkan beberapa operator juga memberikan anda baterai cadangan. Selain itu, memang tidak ada batasan kuota untuk mendapatkan kecepatan berinternet sekelas 4G LTE. Sisi minusnya, anda akan dikenakan biaya deposit tambahan yang tidak sedikit *ya nanti bakal dibalikin sih kalo alatnya udah balik* dan sedikit lebih repotnya adalah nanti pada akhir penggunaan anda harus mengembalikan modem tersebut, entah melalui pos ataupun langsung ke kantor tempat anda menyewanya. Selain itu, fleksibilitas anda terbatas karena modem yang disediakan hanya 1 untuk 1 rombongan dimana jangkauan sinyal tentunya menjadi terbatas, tentu akan susah bagi anda saat berpencar dengan teman anda yang membawa modemnya.

Contoh Pocket WiFi di Jepang

Portable WiFi ini sangat cocok untuk anda yang berpergian dalam satu rombongan dan selalu bersama-sama, contohnya seperti keluarga, ataupun grup kecil (2-3 orang). Anda dapat memesan Portable WiFi ini dari Indonesia. Ada beberapa situs perusahaan Jepang, seperti Japan Wireless, yang menawarkan penyewaan modem selama kunjungan anda, dimana nanti modem akan langsung diantarkan ke penginapan ataupun bandara saat anda tiba. Pembayarannya biasanya dilakukan via credit card. Di Surabaya sendiri, yang menyediakan layanan penyewaan Portable WiFi ialah H.I.S. Tours & Travel Surabaya, tempat dimana saya membeli JR PASS, silahkan menuju postingan saya sebelumnya (KLIK DISINI). Untuk biayanya sendiri tergantung berapa lama anda akan menyewa, anda pun dapat diberikan harga sewa modem lebih murah apabila anda membeli salah satu produk perjalanan, entah itu JR PASS, tiket pesawat ataupun lainnya.

Sementara untuk kartu internet prepaid, keuntungannya ialah anda tidak perlu merasa cemas apabila anda harus berpencar dengan teman anda karena gadget anda sendiri telah dibekali dengan internet. Selain itu mungkin harga yang didapatkan juga bisa lebih murah ketimbang harus menyewa WiFi Portable, meskipun kuota koneksi 4G LTE yang disediakan oleh kartu internet ini terbatas setiap harinya, yakni 150MB/hari, bagaimanapun setelah kuota tersebut habis, anda tetap dapat berinternet dengan sepuasnya tak terbatas namun dengan kecepatan koneksi yang lebih rendah. Kartu internet ini pun nantinya tetap bisa digunakan untuk tethering, hanya saja siap-siap baterai gadget anda akan cepat habis. Pilihan ini pas untuk anda yang pergi sendirian ataupun secara berombongan namun akan berpencar atau terpisah. Seperti saya dan teman-teman saya, dimana teman-teman saya baru akan menyusul ke Jepang setelah 4 hari saya berada di Jepang, maka untuk lebih memudahkan komunikasi untuk kami bertemu nantinya, kami memutuskan membeli dua buah kartu.

Salah satu operator di Jepang yang menyediakan layanan ini ialah NTT Docomo. Untuk mendapatkan kartu internet Docomo ini, anda dapat membelinya dari Indonesia maupun di mesin pembelian di beberapa bandara di Jepang. Biaya kartu ini sendiri di kisaran 400 ribu rupiah untuk masa penggunaan 15 hari. Terdapat beberapa situs perusahaan Jepang yang juga menyediakan layanan pembelian ini, seperti eConnect Japan, biasanya pembayaran juga dilakukan via credit card dan nantinya kartu akan dikirimkan langsung ke kantor pos bandara saat anda tiba disana. Untuk pembelian di Surabaya sendiri, anda dapat melakukan pemesanan ke Pusat Studi Bahasa & Budaya Jepang JASMIN (Japanese Studies on Multicultural society in Indonesia) - alamat lengkap dan peta lokasi saya lampirkan di akhir postingan ini.

Kartu Docomo ini tersedia dalam tiga macam ukuran, ukuran normal, micro dan nano. Anda dapat menghubungi via telepon terlebih dahulu untuk menanyakan ketersediaan stok sesuai ukuran simcard yang anda butuhkan. Tidak semua kartu selalu ada. Apabila stok kartu yang anda butuhkan tersedia maka anda dapat segera mengambil dan membelinya. Namun apabila stok kartu tidak tersedia, anda diharuskan inden terlebih dahulu sekitar beberapa hari. 

Apabila anda memiliki waktu yang tidak mepet dengan hari keberangkatan anda, pilihan lainnya ialah membeli secara online dari web Tokopedia, ada beberapa akun toko di Jakarta yang menjual juga simcard Docomo, nantinya akan dikirimkan melalui ekspedisi, harga kartunya sendiri juga sama seperti beli di JASMIN *tapi nambah ongkir lagi ya gan*. Beruntung sekali saat saya menghubungi JASMIN kemarin sisa stok kartu yang ada tinggal tiga buah dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan saya dan teman-teman, jadinya langsung saya ambil ketiganya tanpa harus menunggu inden terlebih dahulu *fiuh*

JASMIN (Japanese Studies on Multicultural society in Indonesia)
Pusat Studi Bahasa & Budaya Jepang
Jalan Kalidami No.14 Surabaya 60285
Telp.(031) 5967010 - Website http://jasmin.co.nr/




1 comment:

  1. Halo mas, ini untuk kartunya bener2 berfungsi normal ya di jepang? Kalau dibuat tethering atau dimasukkan ke portable wifi router yang dibawa dari indonesia (kayak modem bolt) itu bisa atau enggak? Thanks in advance mas :)

    ReplyDelete