Membeli JR PASS di Surabaya



Buat yang udah sering banget ke Jepang pasti udah pada tau kan JR PASS. Buat yang first time traveller kayak saya gini, JR PASS atau Japan Railway Pass adalah semacam "tiket terusan" kereta jaringan yang termasuk dalam naungan Japan Railway Company. Intinya JR PASS ini biar kita bisa dapetin harga lebih murah misal kita pas ke Jepang mau keliling ke berbagai kota disana. Sebagai contoh, saya selama 7 hari rencana akan keliling Jepang dengan urutan kota sebagai berikut, Tokyo - Osaka - Kyoto - Osaka - Tokyo - Sendai - Tokyo, maka untuk perjalanan antar kota saya harus naik kereta cepat Shinkansen yang termasuk dalam jaringan JR. Apabila saya beli tiket putusan maka semuanya akan menghabiskan hampir sekitar ¥90.000 (9 juta rupiah), nah dengan adanya JR PASS ini kita bisa mendapatkan harga murah hanya ¥29.110 (3,2 juta rupiah) kita sudah bisa sepuasnya menaiki semua kereta jaringan JR selama 7 hari penuh. Jarak harganya lumayan jauh bukan.

Kereta jaringan JR sendiri di Jepang termasuk Tokyo Monorail (kereta dari Haneda Airport menuju downtown Tokyo), seluruh kereta Shinkansen, dan juga beberapa kereta lokal di dalam kota seperti di Tokyo dan Osaka. Seluruh kereta yang berlambang JR tersebut termasuk jaringan JR PASS ini, namun ada beberapa pengecualian, seperti kereta Shinkansen dengan nama NOZOMI yang tidak termasuk. Lebih detail penjelasan tentang JR PASS, mulai dari macam, cakupan rute, cara naik, harga dan lain sebagainya, silahkan kunjungi website Japan Guide (KLIK DISINI).

Nah JR PASS ini hanya bisa dipakai untuk turis ya, ataupun mereka yang lain yang hanya stay sebentar di Jepang, maka dari itu JR PASS hanya bisa dibeli di luar Jepang. Hal ini ditandai dengan adanya status pada visa Jepang anda di paspor haruslah merupakan "TEMPORARY VISITOR", bukan "STUDENT" ataupun lainnya. Nantinya saat beli di luar Jepang, kita hanya akan mendapatkan bukti reservasi (exchange order) yang kemudian harus ditukarkan dengan JR PASS aslinya di kantor JR saat kita tiba di Jepang. Melanjutkan postingan saya yang lalu tentang bagaimana mengurus visa Jepang di Surabaya (KLIK DISINI), maka disini saya akan kembali berbagi pengalaman saya untuk persiapan ke Jepang ini, kali ini saat saya membeli JR PASS.

JR PASS di Surabaya sendiri dapat dibeli di H.I.S. Tours & Travel Surabaya (alamat dan peta lokasi saya cantumkan di bawah postingan ini). Travel tersebut saya ketahui atas rekomendasi teman yang sebelumnya sudah pergi ke Jepang dan menggunakan JR PASS juga. Nah di H.I.S. ini ternyata merupakan travel yang bener-bener paling oke buat ngurusin segala sesuatunya kalo mau ke Jepang, mereka memang fokus utamanya adalah travel untuk ke Jepang. Letaknya aja satu gedung sama Papaya Supermarket, Daiso dan Curry House Japan *sekomplek isinya Jepang semua* alhasil udah dua kali kesini selalu ketemu orang Jepang asli, bagaikan tempat ini adalah pusat perjepangan di Surabaya, bahkan pegawai-pegawainya juga mahir ngomong Jepang juga.


Nah, H.I.S. sendiri ini punya banyak cabang dan kerjasama internasional dengan travel H.I.S. di Jepang, menurut dari buku katalognya sih udah ada puluhan lebih cabang H.I.S. di Jepang, dan di Indonesia sendiri sudah ada di kota-kota besar. Selain jual JR PASS, mereka juga jual tiket-tiket theme park di Jepang, macam Tokyo Disneyland, Tokyo Disneysea ataupun Universal Studios Japan (USJ) Osaka. Sayangnya, saat saya pas mau beli tiket USJ disini, tiketnya sudah sold-out! *sedih banget*. Saran saya kalau mau beli tiket USJ disini datanglah saat awal-awal bulan, karena itu saat dimana mereka sedang re-stock tiket, maklum tiketnya sendiri juga inden dan butuh beberapa minggu untuk datang, jadi kalau anda baru datang diatas tanggal 20 siap-siap menerima kenyataan pahit seperti saya yang datang jauh-jauh namun tidak mendapatkan tiket USJ. Sebagai solusinya, saya mencari di travel agent lain di Surabaya yang menjual tiket USJ, nanti akan saya post setelah saya dapatkan tiketnya. *UPDATE 28/11/15* Saya sudah dapat tiketnya! (KLIK DISINI)

Kembali ke topik JR PASS, saya awal datang ke HIS sekitar 2 bulan sebelum keberangkatan, namun ternyata saya disarankan oleh petugas H.I.S. untuk mereservasi JR PASS sebulan sebelum tanggal keberangkatan saja, karena apabila telah dibeli, exchange order JR PASS harus ditukarkan paling tidak 90 hari setelah hari pembelian itu, jadi lebih baik agak mepet sama tanggal keberangkatan tidak apa-apa. Saya kemudian datang kembali sekitar 1 minggu sebelum keberangkatan dan saya langsung membeli JR PASS tersebut. Saran saya disini ialah anda lebih baik membeli JR PASS setelah visa Jepang anda dapatkan dan pada visa sudah anda pastikan status anda adalah TEMPORARY VISITOR. Untuk pembelian JR PASS sendiri sebenarnya hanya membutuhkan paspor, namun dengan adanya visa maka lebih baik. Nama yang ditulis di JR PASS ini benar-benar harus sesuai dengan yang tertera di paspor, apabila tidak maka JR PASS tidak dapat kita gunakan nantinya. Setiap perjalanan kita nantinya disana, kita harus selalu membawa paspor disamping JR PASS, kita harus menunjukkan dua hal tersebut ke petugas setiap akan menggunakan jasa kereta JR.

JR PASS di Jepang Hasil Penukaran Exchange Order

Pada saat saya membeli, saya diminta mas-mas petugasnya untuk mengisi formulir pemesanan JR PASS, tuliskan nama anda dan nama teman-teman atau kerabat anda yang akan membeli JR PASS sesuai dengan nama yang tertera di paspor. Tulis nomor telepon anda. Tunggu sekitar 10-15 menit, petugas akan memproses reservasi JR PASS anda secara online. Biasanya pada saat menunggu ini, anda juga akan ditawari untuk menggunakan jasa penyewaan Portable WiFi (Pocket) selama di Jepang dari mereka. Karena fasilitas free wifi di Jepang tergolong susah dicari, tidak seperti di Indonesia, maka internet cukup penting untuk anda saat anda berpergian dan ingin mengecek jadwal dan stasiun kereta JR, subway maupun transportasi lainnya di Jepang. Segalanya hanya bisa anda cek apabila anda terkoneksi dengan internet, melalui web Hyperdia. Untuk saya pribadi, karena berpergian bersama 4 orang teman saya di jadwal keberangkatan pesawat yang beda hari (terpisah menjadi 2 rombongan), maka saya dan teman-teman memutuskan untuk membeli 2 kartu pre-paid internet dari provider DOCOMO saja, karena lebih fleksibel dan efektif untuk kita saling berkomunikasi antar satu rombongan dengan rombongan lain disana, dibandingkan dengan WiFi Portable yang hanya satu alatnya. Tentang pembelian kartu internet Jepang di Surabaya ini sendiri silahkan baca disini (BACA: Membeli Kartu Internet Docomo Jepang).

Setelah JR PASS tereservasi, silahkan melakukan pembayaran terlebih dahulu. Saya saat itu kebetulan menggunakan kartu debit. Setelah pembayaran selesai, saya menunggu sekitar 10-15 menit untuk proses penulisan exchange order JR PASS yang akan kita bawa *ternyata tulisan manual*, selain itu juga menunggu invoice pembayaran kita dicetak oleh kasir. Tak lama kemudian jadilah exchange order JR PASS anda! Terdiri dari kertas dua rangkap yang dapat disobek sebagai cadangan, rangkap pertama akan disobek saat anda menukarkan bukti reservasi tersebut dengan JR PASS asli di Jepang sana. Nantinya apabila anda kehilangan JR PASS asli anda, maka anda dapat menukarkan kembali bukti reservasi tersebut menjadi JR PASS menggunakan rangkap satunya. *UPDATE 27/2/17* Bagaimanapun JR PASS tidak bisa di-issue-kan kembali meski ada rangkap lainnya! BACA: Trip to Jepang - Part 4 saat teman saya kehilangan JR PASS. Enjoy your trip to Japan, guys! Next will be my post about prepaid internet card and USJ ticket in Surabaya!

Exchange Order JR PASS

H.I.S. Tours & Travel Indonesia - Cabang Surabaya
*UPDATE 1/1/2016* Cabang baru H.I.S. di Gubeng Jalan Prof. Dr. Moestopo 17 Surabaya
Jalan Darmo Permai Selatan No.3 Surabaya (Papaya Fresh Gallery 2nd Floor)
Telp. 031-7324841 / 031-7324842 - Website http://his-travel.co.id/surabaya-branch
Opening Hours : MONDAY - SATURDAY : 9:00 to 17:00 



1 comment:

  1. Hi, Saya beli JR Pass di Kenikura tour, lumayan lebih murah dari tour lain, semoga membantu

    Thanks

    ReplyDelete